Pengenalan Dunia Modding

Icon-Tanda-tanyaLatar belakang

Perkembangan dunia ponsel sangat pesat beberapa tahun terakhir. Fungsi2 yg ditawarkan oleh ponsel2 yang beredar di pasaran pun semakin canggih dan beraneka ragam. Dari yang sederhana, yang hanya bisa digunakan untuk menelepon dan SMS, mendengarkan radio dan mp3 dengan kualitas sangat baik, memotret dalam resolusi tinggi, memainkan game2 3D (3 dimensi), merekam video dengan kualitas tinggi, sampai yg bisa digunakan untuk mengolah dokumen2 kerja. Fungsi2 tersebut sudah bisa didapatkan dari pabriknya, tentunya sesuai dengan spesifikasi masing2 tipe ponsel. Tetapi sebagai manusia, kita tidak pernah puas. :D Termasuk dalam hal kecanggihan fitur2 bawaan pabrik. Kita ingin menambah fitur2 baru, suara yg lebih jernih dan keras, kualitas hasil jepretan kamera ponsel yg lebih tajam, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan hal2 tersebut? Ya gampang saja, tinggal beli ponsel yang lebih canggih :mrgreen: just kidding. Di sini lah modding diperlukan.

Istilah modding sendiri artinya modifikasi atau oprek-mengoprek. Dimana kita memodifikasi ponsel secara software (perangkat lunak) yang biasa disebut firmware, maupun hardware (perangkat keras) yaitu fisik ponsel itu sendiri.

Apakah modding aman?

Modding pada level software relatif lebih aman dibandingkan dengan modding pada level hardware. Sebab jika terjadi masalah / kesalahan pada proses modding, kita bisa dengan mudah mengembalikan kondisi firmware seperti semula (dengan catatan kita sudah melakukan proses backup data), kecuali untuk kasus2 tertentu. Sedangkan untuk modding pada level hardware, jika terjadi kesalahan pada prosesnya, resiko kerusakan ponsel akan lebih besar dan lebih sulit diperbaiki. Jika Anda menggunakan tutorial / panduan dalam melakukan modding, sangat disarankan untuk membaca dengan teliti dan mengikuti instruksi2 dalam tutorial tersebut. Karena satu hal kecil saja yang terlewatkan bisa menentukan berhasil atau tidaknya proses modding.

Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa modding ponsel?

  1. Kesadaran penuh bahwa dengan memodifikasi ponsel, Anda sebagai orang yg melakukan modifikasi yang bertanggung jawab penuh atas segala macam resiko yang terjadi bila ada kesalahan dalam prosesnya. Yang antara lain : garansi ponsel menjadi hangus / tidak berlaku lagi, kehilangan data, sebagian fungsi / fitur ponsel mengalami gangguan, bahkan sampai yang paling parah yaitu kerusakan total pada ponsel yang dimodifikasi. Sehingga kesalahan tidak dapat dilimpahkan ke pihak vendor / pembuat ponsel, atau ke pihak pembuat tutorial / panduan modding, terutama saya. :mrgreen: Semua resiko adalah tanggung jawab Anda sendiri ;)
  2. Pengetahuan yang cukup tentang modding / panduan modding yang benar yang dibuat oleh orang2 yang sudah berhasil memodifikasi ponselnya, yang hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, serta jargon2 / istilah2 yang umum digunakan oleh modder ponsel (orang yang melakukan modifikasi), sehingga lebih mudah mengikuti tutorial dan paham proses apa yang sedang dilakukan.
  3. Bahan2 dan alat2 (baik software maupun hardware) untuk praktek modifikasi sesuai dengan jenis modifikasi yang diinginkan. Masing2 software yang digunakan untuk memodifikasi ponsel memiliki fungsi yang berbeda2. Beberapa software bisa digunakan untuk lebih dari 1 jenis modifikasi, lainnya hanya untuk 1 jenis modifikasi saja. Jadi sebaiknya sebelum memulai proses modifikasi, Anda banyak membaca / mencari informasi tentang kegunaan, kelebihan, serta kekurangan masing2 software untuk modding tersebut.
  4. Keberanian, konsentrasi dan kesabaran tinggi. Keberanian diperlukan untuk melakukan modding, karena untuk Anda yang awam tentang dunia IT, Anda akan berhadapan dengan serangkaian prosedur yang terlihat sangat rumit, dimana Anda akan berhadapan dengan system ponsel yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. ;) Keberanian juga diperlukan untuk menerima resiko jika terjadi kesalahan dalam proses modding (lihat point 1 di atas). Konsentrasi dibutuhkan untuk meminimalisir resiko gagal, dan kesabaran tinggi untuk membaca, mencari tahu, segala macam informasi yang mendukung kesuksesan proses modding yang akan dilakukan. Semakin banyak membaca, akan semakin mudah mempraktekkannya. :) Jika sudah melakukan semua yang disebutkan di atas tetapi tetap menghadapi kendala / masalah, jangan ragu2 untuk bertanya kepada yang sudah berhasil melakukan modifikasi yang sama seperti yang Anda lakukan pada ponsel Anda.
  5. Hindari rasa panik / takut jika terjadi kesalahan dalam proses modding atau jika hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan. Periksa dengan teliti semua proses dari awal. Cocokkan dengan tutorial / panduan yang Anda gunakan. Untuk modding software, umumnya Anda tinggal mengulang proses modding dari awal saja. Pastikan jangan sampai terjadi kesalahan lagi. INGAT… JANGAN PANIK..!! :)

Tipe ponsel apa saja yang bisa di-modding?

Tipe2 yang banyak dijumpai di pasaran umumnya bisa di-modding. Yang pasti, perhatikan tutorial / panduan yang Anda gunakan dalam memandu proses modding. Jika tidak tercantum tipe ponsel Anda, sebaiknya jangan digunakan. Setiap tutorial pasti akan menyebutkan ponsel tipe apa yang bisa digunakan untuk mengikuti tutorial modding tersebut. Untuk saat ini, untuk ponsel2 Sony Ericsson dengan platform Symbian UIQ (misal: P9xx, M600i, W950i), belum ada modifikasi yang bisa dilakukan. modding yang bisa dilakukan baru sebatas merubah icon pada desktop dan main menu. (info dari my brother ryolasta)

Proud member of SE-ven.Net


Site Search Tags: , , , ,